Sabtu, 30 November 2013

Solo Kawasan Rawan Gempa Tektonik

Temuan mengejutkan disampaikan oleh Pemkot Surakarta. Berdasarkan hasil pemetaan yang dilakukan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kota Solo masuk dalam daerah zona merah atau kawasan bahaya terjadinya gempa
tektonik.
"Dalam temuan terbaru mengenai penyebaran lempeng-lempeng tektonik yang bermuara di laut Selatan, Solo termasuk salah satu daerah zona merah. Saat ini masih dalam penelitian Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Namun, langkah- langkah antisipasi harus dilakukan," kata Ketua Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Surakarta, Eko Nugroho, Selasa (26/11/2013).
Temuan terbaru itu memang cukup mengejutkan. Dalam pemetaan penyebaran pertemuan lempeng tektonik sebelumya, Solo dinyatakan sebagai daerah di luar kawasan terdampak peta lama Kota Surakarta berada di luar kawasan terdampak.
Namun data terbaru menyebutkan lain, Solo ternyata masuk kawasan merah. "Ketika terjadi gempa bumi di Yogyakarta, Klaten, sekitarnya pada 2006 silam, Solo relatif aman.
Hanya dua bangunan yang mengalami retak-retak. Karena itu temuan tersebut cukup mengejutkan. Kami juga belum mengetahui secara persis kawasan mana saja di Solo yang berada dalam titik rawan gempa. Saat ini proses pemetaan gerakan lempeng bumi masih berlangsung. Namun kewaspadaan harus tetap dilakukan sejak dini," tutupnya

Artikel Terkait

3 komentar:

  1. thanks for have visited our website,
    btw, nice info in this page :)

    BalasHapus
  2. sama2 mb reni... slam bwt mz agus.. mz ari....

    BalasHapus
  3. Hi there to all, how is all, I think every one is getting more from
    this site, and your views are good designed for new viewers.

    BalasHapus

Terimakasih telah memberikan komentar di web ini. Semoga membantu dan bermanfaat.