Wednesday, November 27, 2013

Guru Wajib Menguasai IT

Teknologi Informasi (Information Technology) lebih populer disebut IT sudah menjadi kata yang sering disebut pada duapuluh tahun terakhir ini. Apa sih IT itu ?

Teknologi Informasi atau IT adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari pengirim kepada penerima, sehingga pengiriman informasi tersebut akan lebih cepat, lebih luas sebarannya dan dapat disimpan lebih lama. Contoh produk IT : Radio, Televisi, Telepon Selular dan Komputer. Salah satu produk IT yang sangat populer saat ini adalah Internet.

Pada acara seminar “Brain Smart Education dan Training Blog/Email” yang diselengarakan oleh Yayasan Pendidikan Telkom di Kampus Politeknik Telkom. Ibu Rinna Fridiana Manajer Pemasaran dan Komunikasi Yayasan Pendidikan Telkom, menyampaikan peranan Guru sebagai orang tua siswa di sekolah untuk dapat mengawasi dampak negatif arus Informasi Internet. Artinya Guru dituntut untuk mampu menguasai Teknologi Informasi (Internet) yang berkembang sangat pesat saat ini.

Penggunaan Internet dikalangan pelajar, bahkan ditingkat Sekolah Dasar sudah tidak asing lagi, rata-rata siswa Sekolah Dasar di perkotaan bahkan di tingkat kecamatan sudah menggunakan Internet dalam kesehariannya. Hal tersebut sudah menjadi tuntutan jaman yang tidak dapat dibendung lagi termasuk dibidang pendidikan.

Internet adalah salah satu produk IT yang sangat luar biasa perkembangannya dewasa ini, arus informasi yang disediakan diinternet sangat beragam, mulai dari berita berbentuk teks, gambar bahkan video. Sumuanya dapat di akses di Internet, baik informasi positif maupun informasi yang negatif. Internet dikalangan pelajar sangat dibutuhkan pengawasan, cara terbaik dalam mengawasi mereka adalah dengan meningkatkan wawasan pengetahuan orang tua dan guru terhadap Internet. Karena itu pengenalan Internet seperti blog, email, situs jejaring sosial (Facebook, Twitter, YM dll) kepada guru sudah sangat penting dan mendesak. “Selama guru masih menjadi pengajar, guru perlu memahami Internet untuk dapat membimbing anak didik”.

Mari kita sambut baik serbuan Internet disekitar kita dengan bijak dan memberikan pengawasan kepada anak didik dengan cara mengenal Internet tersebut.

Semoga Pak Guru Ian dapat memberikan sumbangsih untuk guru dan orang tua mengenal Internet dan memberikan informasi dari Internet dengan cara yang positif.

Semoga Bermanfaat
Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah memberikan komentar di web ini. Semoga membantu dan bermanfaat.