Friday, July 24, 2020

Materi Kelas 3 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 2

Menyayangi Tumbuhan dan Hewan
Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia
(Pembelajaran 2)


Anak-anak, senang sekali kita dapat berjumpa dalam pembelajaran hari ini. Apa kabar kalian semua? Kelihatannya semua berbahagia, bagaimana dengan kegiatan menyanyi kemarin, masih hafal ya?! tentu masih, kalian kan anak-anak hebat.

Nah, anak-anak kita akan melanjutkan pelajaran hari ini. Berdoa dulu yuk! agar pelajaran hari ini berjalan dengan lancar dan kita semua selalu sehat.

anak-anak, pernahkan kalian mendengar kata dongeng? apa yang terlintas dalam pikiranmu saat mendengar kata itu? iya, cerita. Nah, pernahkah kalian membaca sebuah dongeng? Ataukah pernah mendengar seseorang membaca dongeng?

Kita hari ini akan belajar tentang dongeng. Siapa yang mau tahu tentang dongeng? wow...wow...semangat sekali kalian dalam belajar.

Baiklah anak-anak, kita simak penjelasan berikut ini!


Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membaca sebuah teks (termasuk dongeng), diantaranya:

Lafal  - Kita harus mengucapkan kata dengan tepat dan menggunakan frasa yang tepat (bukan kata demi kata)
Intonasi Suara - Kalimat yang diakhiri dengan tanda titik intonasi suaranya  datar. Kalimat yang diakhiri tanda tanya intonasi suaranya menurun.  Kalimat yang diakhiri tanda seru intonasi suaranya agak naik.
Ekspresi - Saat membaca harus penuh perasaan, seolah-oleh kita mengalami hal yang kita baca tersebut.
Tanda Baca  - Jika saat membaca bertemu tanda koma (,) maka pembaca berhenti membaca  sebentar, lalu dilanjutkan kembali.- Jika saat membaca bertemu tanda  titik (.) maka pembaca berhenti membaca kemudian pembaca mulai membaca  kalimat berikutnya.
Suara lantang dan dapat didengar oleh orang lain dengan jelas
Bagaimana, kalian sudah memahami caranya kan?!

Sekarang coba kalian baca dongeng di bawah ini! kalian juga bisa
membacanya di buku siswa halaman 11-12.


Setelah kalian baca, coba cari siapa sajakah tokoh yang ada dalam dongeng? Apa yang dilakukan tokoh tersebut terhadap pohon? Adakah kebaikan pohon tersebut bagi manusia? Bagaimana seharusnya sikap kita terhadap tumbuhan maupun hewan?

Nah, setelah anak-anak menemukan jawabannya, jangan lupa kalian  tulis di buku tulis (buku portofolio) ya. Jika anak-anak mampu menemukan jawabannya, berarti anak-anak sudah bisa memahami isi dongeng “Pengembara dan Sebuah Pohon”.

Tantangan Menulis

Anak-anak hebat, coba kalian ceritakan kembali dongeng “Pengembara dan Sebuah Pohon” dengan bahasamu sendiri ya. Tulis ceritamu dalam buku portofolio. Jika sudah selesai, silakan kalian foto dan kirim kepada guru kalian. Kalian juga bisa mengumpulkan dengan cara lain, bertanyalah kepada gurumu agar kalian jelas cara mengumpulkannya.

Wah...tak terasa ya kita sudah belajar banyak hal hari ini. Terima kasih kepada ayah dan bunda di rumah yang sudah mendampingi belajar ananda.

Anak-anak tolong tetap dirumah saja ya seperti imbauan pemerintah, agar Sukoharjo segera terbebas dari pandemi dan kita bisa berjumpa lagi di sekolah. sampai jumpa.




Untuk Tampilan SWAY ada dibawah ini

   







Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah memberikan komentar di web ini. Semoga membantu dan bermanfaat.