Sunday, July 19, 2020

Materi Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1


Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Selamat pagi anak-anak, sudah siap untuk belajar hari ini kan?
Saya harap hari ini semuanya dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Meskipun pembelajaran kita masih menggunakan moda belajar jarak jauh, kita harus tetap semangat dalam belajar. Agar apa yang menjadi cita-cita kita dapat tercapai.

Sebelum pembelajaran dimulai, mari kita berdoa terlebih dahulu. Semoga pembelajaran kita hari ini dapat berjalan dengan baik, dan bermanfaat bagi masa depan kita semua. Aamiin….

Tak lupa saya ingatkan, kita harus tetap menjaga kebersihan agar terhindar dari berbagai penyakit. Apalagi pada masa sekarang, kita harus selalu waspada dengan ancaman covid-19. Tetap di rumah seperti sekarang merupakan cara paling aman agar terhindar dari
wabah ini.

Baiklah, sekarang mari kita mulai belajar.

Hari ini kita akan mempelajari tentang pentingnya persatuan
dalam keberagaman.

Coba perhatikan buku paket kalian halaman 28.


Anak-anak, walaupun orang-orang tersebut berasal dari berbagai daerah, dengan suku bangsa yang berbeda, makanan kesukaan yang berbeda, bahasa daerah yang berbeda, juga pakaian yang
berbeda, namun mereka tetap hidup rukun berdampingan. Mereka tidak membedakan antara yang satu dengan yang lainnya.

Begitu juga dengan kita. Apabila ditempat kita juga terdapat banyak perbedaan, maka kita juga harus tetap hidup rukun, agar persatuan dan kesatuan tetap terjaga.

Agar kita lebih memahami ciri khas dari masing-masing daerah tersebut, yuk kita coba mengisi tabel di halaman 29 berikut! Salin dalam buku tugasmu ya!

Kalian dapat bertanya kepada ayah atau ibumu, atau orang-orang di sekitarmu. Tapi jangan lupa tetap jaga protokol kesehatan ya. Ketika keluar rumah selalu kenakan masker, sering-sering cuci tangan pakai sabun.


Setelah selesai, coba kita perhatikan bacaan berikut!


Dari bacaan tersebut dapat kita simpulkan bahwa perbedaan yang mereka miliki tidak menghalangi untuk hidup rukun dan bekerjasama.

Anak-anak, bacalah kembali bacaan di atas. Bacalah dengan membaca intensif, yaitu membaca dengan sungguh- sungguh untuk memahami isi bacaan.

Nah, sudah paham kan isi bacaan tersebut?

Sekarang mari kita lihat seberapa jauh kemampuan kalian dalam memahami isi bacaan. Cobalah menjawab pertanyaan buku paket halaman 30.


Demikian pembelajaran hari ini, semoga pembelajaran hari ini dapat bermanfaat untuk kehidupan kita. Jangan lupa tetap jaga kebersihan, terapkan PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) agar kita terhindar dari segala penyakit.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

TAGIHAN :

Tabel keberagaman daerah
Jawaban dari pertanyaan pentingnya persatuan




 






Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah memberikan komentar di web ini. Semoga membantu dan bermanfaat.