Friday, July 24, 2020

Materi Kelas 3 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 6

Menyayangi Tumbuhan dan Hewan
Manfaat Tumbuhan Bagi Kehidupan Manusia
(Pembelajaran 6)


Halo, selamat pagi anak-anak. Bagaimana kabar kalian hari ini? Tak terasa sudah sepekan kita belajar bersama ya. Semoga kita semua selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Tak lupa sebelum kita mulai belajar, kita biasakan berdoa dulu ya.

Jangan lupa walaupun akhir pekan, anak-anak sebaiknya tetap di rumah saja dulu. Ok?!

Pernahkah anak-anak mengunjungi sawah? Tanaman apa yang ada di sawah? Siapakah yang menanam tanaman tersebut? Benar, pak tani lah yang menanam dan merawat tanaman padi di sawah.

Sekarang kita akan mambaca sebuah dongeng yang berjudul “ Petani yang Baik Hati”. Coba kalian buka buku siswa kalian halaman 44-45. Kalian baca dengan saksama ya.

Perbuatan baik apa saja yang dilakukan pak tani dalam dongeng “Petani yang Baik Hati”? Apakah kita perlu melakukan sikap baik tersebut dalam keseharian kita? Adakah manfaat dari kebaikan tersebut?

Nah, setelah kamu bisa menemukan sikap  baik pak tani, berarti anak-anak sudah bisa menemukan pesan moral dalam sebuah dongeng. Hebat-hebat semua ya.

Apakah anak-anak tahu apa itu pesan moral?

Betul sekali, Pesan moral adalah pesan baik yang disisipkan pengarang dalam sebuah ceritayang ditulisnya. Pesan moral tersebut dapat kita jadikan contoh dan kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Yuk, mencoba

Tuliskan pesan moral yang ada dalam dongeng “ Petani yang Baik Hati” di buku portofolio mu. Setelah selesai kalian bisa mengumpulkan kepada gurumu sesuai perintah guru masing-masing.

Kalian memang hebat!

Anak-anak tahu tidak, Mengapa kita harus berbuat baik kepada semua makhluk hidup, khususnya kepada tanaman?

Tuhan menciptakan makhluk hidup dengan tujuan tertentu. Setiap makhluk hidup bermanfaat untuk makhluk hidup lainnya. Tumbuhan bermanfaat untuk manusia. Hewan juga memiliki banyak manfaat untuk manusia. Yuk, kita lihat video berikut, tentang manfaat
tumbuhan bagi kehidupan manusia lainnya.

VIDEO Dapat di lihat di tampilan SWAY dibawah ini

Selalu sayangi tumbuhan yang ada di sekitar kalian ya.

Demikian anak-anak belajar kita hari ini, jangan lupa tetap jaga kesehatan dan tetap di rumah saja ya. Mari bersama berdoa agar pandemi covid 19 ini segera berlalu. Salam hangat untuk orang tua kalian. Ayah, Bunda, semoga pembelajaran hari ini menyenangkan. Terima kasih atas bantuan, bimbingan, dan kesabarannya dalam mendampingi belajar ananda di rumah. Ada kekurangan mohon maaf dan selamat belajar dengan bahasan yang lebih  menarik.Selalu sayangi tumbuhan yang ada di sekitar kalian ya.


SWAY DAPAT DILIHAT DI BWAH INI








Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah memberikan komentar di web ini. Semoga membantu dan bermanfaat.