Sunday, July 19, 2020

Materi Kelas 3 Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 5

Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Pertumbuhan Hewan (Pembelajaran 5)

Selamat pagi anak-anak, bagaimana kabar kalian hari ini? Masih tetap semangat dalam belajar bukan?

Pagi ini sudah mandi semuanya kan? Jangan lupa tetap menjaga kebersihan, selalu terapkan pola hidup bersih dan sehat, agar terhindar dari berbagai penyakit.

Sebelum pembelajaran hari ini kita mulai, mari kita berdoa terlebih dahulu, memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa semoga kita dapat mengambil manfaat dari pembelajaran hari ini.

Anak-anak, kemarin kita mempelajari kupu-kupu. Nah, hari ini kita akan mempelajari hewan lain yang proses pertumbuhannya mirip seperti kupu-kupu.

Ayo, siapa yang tahu hewan apa yang pertumbuhannya mirip dengan kupu-kupu?

Ya, benar. Salah satunya adalah katak. Pintar kalian semua, tepuk tangan untuk kita semua.

Anak-anak, pernahkan kalian melihat proses pertumbuhan katak? Kira-kira dimana ya kita bisa menemukan katak berkembangbiak?

Coba perhatikan video berikut!

Video berda di SWAY bawah


Nah, sudah paham bagaimana katak berkembang biak kan?

Dalam bentuk gambar bisa kalian lihat dalam buku paket halaman
131.


Pertumbuhan katak dimulai dari telur, kemudian menetas menjadi berudu, atau biasa dikenal dengan nama kecebong. Berudu kemudian akan tumbuh dua kaki di bagian belakang. Selanjutnya akan tumbuh dua kaki lagi di bagian depan, yang dibarengi dengan menyusutnya ekor berudu hingga hilang. Akhirnya, menjadi katak dewasa seperti yang kalian sering lihat.

Bagaimana, sudah paham tentang pertumbuhan katak?

Adakah hal lain yang ingin kalian ketahui tentang katak? Kalian bisa mencari tahu lebih lanjut dengan memperhatikan katak yang ada di sekitar kalian masing-masing. Misalnya makanannya apa, hidupnya dimana, dan mungkin hal-hal lainnya.

Selain itu, kalian juga bisa membuka internet untuk menemukan hal-hal yang ingin kalian pahami lebih lanjut.

Untuk mengamati bagaimana kehidupan katak, tentu kita harus memiliki keberanian untuk mendekati katak tersebut. Apakah kalian berani mendekati katak?

Baiklah, tentunya diantara kalian ada yang berani, ada yang takut, ada yang merasa geli, bahkan ada yang merasa jijik.

Anak-anak, kalian yang berani mendekati katak harus bisa menghargai teman lain yang belum berani mendekati katak, kalian sebaiknya justru memberikan dorongan, motivasi, ataupun saran agar teman kalian yang belum berani mendekati katak menjadi lebih berani untuk mendekati katak.

Banyak cara dalam memberikan motivasi kepada teman yang lain agar lebih berani mendekati katak. Misalnya mengajak teman tersebut untuk mendekati katak yang sudah dimasukkan ke dalam kendang, mengajak teman bermain ke sawah yang banyak terdapat katak di sawah tersebut. Dan masih banyak lagi cara yang dapat kita lakukan.

Sekarang coba praktikkan kalian memberikan motivasi kepada teman kalian agar temanmu menjadi lebih berani!

Anak-anak, selain katak dan kupu-kupu, ada hewan lain yang juga berkembang biak dengan cara bertelur. Ya, penyu misalnya. Penyu merupakan salah satu hewan yang dilindungi oleh negara. Hal tersebut dilakukan untuk melindungi penu dari kepunahan.

Selain melindungi, kita juga bisa mengembangbiakkan penyu melalui penangkaran. Kita menyediakan tempat khusus untuk penyu dengan tujuan agar penyu tersebut dapat berkembang biak dengan aman, tanpa ada gangguan dari hewan lain ataupun orang- orang yang suka memburu hewan tersebut.

Dalam sebuah penangkaran penyu, terdapat 7 kolam penyimpanan anak penyu. Dalam setiap kolam tersebut terdapat 130 ekor anak penyu. Berapa banyak anak penyu semuanya?

Bagaimana cara penyelesaiannya? Coba selesaikan menggunakan cara perkalian yang sudah kita pelajari kemarin. Kerjakan dalam buku tugasmu!

Setelah selesai, coba buatlah pertanyaan dalam bentuk soal cerita berdasarkan perkalian berikut!



Apakah ada yang kesulitan dalam membuat soal cerita? Baik, bagi yang kesulitan membuat soal cerita, silahkan meminta orang tua untuk membantu membuat sebuah soal cerita tersebut. 
Kemudian silahkan minta kepada orang tua kalian masing-masing untuk membuatkan soal perkalian baru, kemudian kalian yang mencoba untuk membuat soal ceritanya. Ulangi hingga kalian dapat dengan cepat membuat soal cerita berdasarkan perkalian singkat!

Demikian pembelajaran hari ini. Sebagai akhir pembelajaran, hari ini kita sudah mempelajari perkembangan hidup katak, kemudian menghargai perbedaan, dan yang terakhir mempelajari perkalian dalam bentuk soal cerita.

Semoga apa yang kita pelajari hari ini dapat menjadi bekal hidup kita di masa yang akan datang.

Dan jangan lupa selalu berdoa semoga wabah covid 19 ini segera
berlalu. Aamiin……


SWAY ada di bawah ini

 





Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah memberikan komentar di web ini. Semoga membantu dan bermanfaat.