Thursday, July 2, 2020

Materi Kelas 3 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 3






Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia (Pembelajaran 3)

Selamat pagi anak-anak, apa kabar kalian hari ini? Semoga kita semua selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa agar dapat melaksanakan kegiatan secara lancar. Sebelum melanjutkan pembelajaran ini jangan lupa berdoa ya. Hari ini kita akan belajar Mengidentifikasi makanan yang baik untuk dikonsumsi dan menyelesaikan soal penjumlahan dengan teknik menyimpan

Makana merupakan salah satu faktor yang mempengaruh pertumbuhan dan perkembangan manusia.

Makanan Penting untuk Kesehatan

Makanan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan manusia. Makanan yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan adalah makanan yang menyehatkan dan bergizi. Berikut makanan yang menyehatkan dan bergizi.

a. Makanan pokok, misalnya nasi, kentang, jagung,roti, ubi, dan sagu.

b. Lauk-pauk, misalnya daging, ikan, tahu, tempe,telur, dan cumi.

c. Sayur-sayuran, misalnya kangkung, bayam,wortel, dan buncis.

d. Buah-buahan, misalnya jeruk, apel, anggur,pisang, dan jambu.

e. Susu, misalnya susu sapi dan susu kambing.

Makanan-makanan tersebut mengandung gizi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin,mineral, dan air. Karbohidrat terdapat pada makanan pokok. Protein terdiri atas dua jenis, yaitu protein hewani dan protein nabati. Protein hewani adalah protein yang berasal dari hewan,misalkan ikan, daging, susu, keju, dan telur. Proteinnabati adalah protein yang berasal dari tumbuh tumbuhan,misalkan tempe dan tahu. Vitamin banyak terdapat pada sayur- sayuran dan buah-buahan. Mineral banyak terdapat pada ikan,sayur, dan susu. Jagalah makanan yang kita makan agar selalu bersih dan menyehatkan. Makanan yang bersih,menyehatkan, dan bergizi akan membantu pertumbuhan dan perkembangan manusia denganbaik.


Buah-buahan dapat kita temui dengan mudah dipasar atau penjual buah di sekitar kita. Banyak petani melakukan perkembangbiakanbuatan untuk buah-buah. Hal tersebut dilakukanagar dapat menghasilkan buah yang banyak dalamwaktu singkat.Melalui kegiatan perkembangbiakan buatan,petani bisa menghasilkan ribuan buah dalam masapanen.Melalui kegiatan pencangkokan, sebuahperkebunan jeruk dapat menghasilkan 3.400 buahdalam sekali panen.

Bayangkan jika suatu perkebunan dapatmenghasilkan 3.400 buah dalam satu kali panen.Berapa jumlah buah yang akan dihasilkan dalamdua kali panen?Jawabannya:3.400 + 3.400 = 6.800Masih ingatkah kamu cara menghitung hasilpenjumlahan?


untuk penjelasana penjumlahan dengan tehnik menyimpan perhatikan video berikut.


Wah Hebat! kalian luar biasa! tetap semangat belajar walau tidak bisa hadir di sekolah. Sebelum kita akhiri, Mari kita bersama-sama berdoa agar pandemi covid19 ini segera berakhir dan kita dapat bertemu lagi di sekolah. Salam hangat untuk orang tua kalian. Ayah Bunda, semoga pelajaran hari ini menyenangkan, terima kasih bantuan, bimbingan, dan kesabarannya mendampingi belajar ananda di rumah.


Cukup sekian pelajaran hari ini. Ada kekurangan mohon maaf dan sampai jumpa.


Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah memberikan komentar di web ini. Semoga membantu dan bermanfaat.