Thursday, July 30, 2020

Materi Kelas 5 Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 2

Lingkungan dan Manfaatnya

Lingkungan dan Manfaatnya
(Pembelajaran 2)

لسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Selamat pagi anak-anak, apa kabar kalian hari ini? Semoga kita semua selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa agar dapat melaksanakan kegiatan secara lancar. Sebelum melanjutkan pembelajaran ini jangan lupa berdoa ya. Hari ini kita akan belajar menyebutkan kelainan tulang sebagai organ gerak manusia melalui mengamati gambar. isi materi ini sesuai dengan buku siswa tema 1 halaman 132 - 141.

anak- anak pernahkah kalian melihat disekitarmu ada yang mengalami kelainan pertumbuhan tulang ? Apa yang dialamai? kitaa pelajari lebih jauh yuk..


Bacalah Bacaan dibawah ini

Kelainan pada Tulang

Berikut ini adalah eberapa contoh kelainan pada tulang :

Skoliosis : Merupakan kelainan pada tulang punggung yang mengakibatkan posisinya menjadi membengkok ke samping kanan atau kiri. hal ini bisa terjadi karena terlau sering mengangkat beban pada salah satu bahu atau lengan. atau juga bisa disebabkan oleh kebiasaan duduk dengan posisi yang miring sehingga beban tubuh bertumpu pada salah satu lengan.

Kifosis : Merupakan kelainan tulang punggung terlalu membengkok kearah belakang, kelainan ini biasanya dikarenakan oleh kebiasaan duduk dengan posisi yang terlalu membungkuk atau sering memanggul beban yang berat dengan menggunakan punggung.

Lordosis : Kebalikan dari kifosis yaitu kelainan tulang punggung yang terlalu membengkok ke depan, posisi duduk dengan membusungkan dada bisa menjadi penyebab dari kelainan ini.

Poliokelainan : ini disebabkan oleh adanya infaksi virus polio, penderitanya akan mengalami kondisi tulang yang kian lama kian mengecil sehingga berujung pada kelumpuhan.RakhitisKelainan yang terjadi akibat kekurangan asupan  vitamin D, sehingga tulang kakinya berbentuk menyerupai huruf  X atau O.

Frakura adalah kelainan pada tulang akbat kecelaaan, baik kendaraanbermotor atau terjatuh.Dibedakan menjadi 2 yaitu fraktura yang tertutup (patah tulang yangsampai merobek kulit/otot) dan fraktura yang terbuka (patah tulang yangmerobek/menembus kulit/otot).

Osteoporosis adalah klainan pada tulang yang disebabka karena adanyapengeroposan tulang. Hal ini karena tubuh sudah tidak mampu lagimenyerap dan menggunakan kalsium secara normal.

Fisura adalah kelainan tulang yang menimbulkan keretakan pada tulangakibat kecelakaan.

Semua organ tubuh dalam tubuh kita, termasuk organ gerak harus terusdijaga. Kamu harus selalu memerhatikan setiap gerakan yang dilakukan.Setiap gerakan harus dilakukan dengan benar untuk menghindariterjadinya gangguan dan kelainan pada organ gerak, khususnya tulang


Bagaiama sudah bis di pahami belum. Coba sekarang kita bermain menjodohkan gambar ya..

Jodohkan ah anatar gambar dan tulisan diatas. jika sudah selesai kirimkan kepada gurumu ya. file dapat di downoad disini. File Tugas Lembar Kerja

Janan lupa dokumentasikan pekerjaanmu dan kirimkan keada gurumu


Anak- anak pernahkah kalian membaca komik. yuk kita pelajari apa itu komik,

 Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, komik adalah cerita bergambar (di majalah, surat kabar, atau berbentuk buku) yg umumnya mudah dicerna dan lucu. Komik adalah cerita yang bertekanan pada gerak dan tindakan yang ditampilkan lewat urutan gambar yang dibuat secara khas dengan paduan kata- kata. Secara  umum komik adalah cerita bergambar yang ada gelembung- gelembung atau balon udara

Ciri-ciri komik: 

1. Hadir untuk menyampaikan cerita  Pesan dan informasi disampaikan dengan menggunakan teks dan gambar. 

2. Proporsional Keberadaan gambar dan teks yang berimbang membuat pembaca komik seakan-akan terlibat dan berperan langsung ke dalam cerita.  

3.  Menggunakan bahasa percakapan Bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari yang mudah untuk dipahami. 

4.  Biasanya bersifat kepahlawanan Umumnya isi cerita komik akan cenderung membuat pembaca mempunyai rasa atau sikap kepahlawanan. 

5. Penggambaran watak secara sederhana Penggambaran watak dalam komik dibuat secara sederhana agar pembaca mudah memahami isi cerita dan menangkap pesan yang akan disampaikan dalam cerita. 

6. Menyediakan humor Kata komik berasal dari komik yang berarti jenaka. Humor dalam komik disajikan secara lugas sehingga akan mudah dipahami pembaca dan biasanya humor yang disajikan sering terjadi dan ada di masyarakat.

Contoh :



Sekarang coba kita belajar membuat komik yuk,,,

Buatlah komik dengan tema

Membuat komik dengan memilih tema :

  1. Sikap dan posisi membaca yang benar
  2. Proses pembuatan gerabah
  3. Berolahraga

Seteah memat komik dokumentasikan pekerjaanmu kepada gurumu. Untuk siswa SDN Pranan 02 dapat mengirim tugas disini Kirim Tugas


Baiklah anak- anak tetap semangat belajar walau tidak bisa hadir di sekolah. Sebelum kita akhiri, Mari kita bersama-sama berdoa agar pandemi covid19 ini segera berakhir dan kita dapat bertemu lagi di sekolah. Salam hangat untuk orang tua kalian. Ayah Bunda, semoga pelajaran hari ini menyenangkan, terima kasih bantuan, bimbingan, dan kesabarannya mendampingi belajar ananda di rumah.


Cukup sekian pelajaran hari ini. Ada kekurangan mohon maaf dan sampai jumpa.

وَ  عَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Tampilan SWAY ada dibawah ini








Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah memberikan komentar di web ini. Semoga membantu dan bermanfaat.