Selasa, 19 November 2013

Pengertian Kemampuan

Kemampuan adalah kapasitas seorang individu untuk melakukan beragam tugas dalam suatu pekerjaan. Kemampuan adalah sebuah penilaian terkini atas apa yang dapat dilakukan seseorang.


(http://id.wikipedia.org/wiki/Kemampuan) diunduh 23 Januari 2011


Menurut Chaplin dalam (http://alon-alonwatonkelakon.blogspot.com) “ability (kemampuan, kecakapan, ketangkasan, bakat, kesanggupan) merupakan tenaga (daya kekuatan) untuk melakukan suatu perbuatan. Robbin (http://alon-alonwatonkelakon.blogspot.com) menyatakan kemampuan bisa merupakan tenaga (daya kekuatan) untuk melakukan suatu perbuatan. Kemampuan bisa merupakan kesanggupan bawaan sejak lahir atau merupakan hasil latihan dan praktek”


Lebih lanjut Robbins (http://alon-alonwatonkelakon.blogspot.com) menyatakan bahwa kemampuan terdiri dari dua faktor:


1)          Kemampuan Intelektual (Intelectual Ability)


Merupakan kemampuan melakukan aktivitas secara mental.


2)         Kemampuan Fisik (Physical Ability)


Merupakan kemampuan melakukan aktivitas berdasarkan stamina kekuatan dan karakteristik fisik.


Dari pengertian-pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan (ability) adalah kecakapan atau potensi menguasai suatu keahlian yang merupakan bawaan sejak lahir atau merupakan hasil latihan dan digunakan untuk mengerjakan sesuatu yang diwujudkan melalui tindakannya. Setiap anak usia SD mempunyai kemampuan berbeda-beda. Menurut Mulyani Sumantri dan Nana Syaodih (2007: 3.10) kemampuan disini dapat diartikan sebagai kemampuan berkomunikasi, kemampuan bersosialisasi, atau kemampuan kognitif. Kemampuan berkomunikasi adalah kemampuan seseorang untuk menyatakan buah pikirannya dalam bentuk ungkapan kalimat yang bermakna, logis dan sistematis. Kemampuan berbahasa sangat sangat dipengaruhi oleh faktor intelektualitas dan lingkungan, selain itu juga faktor fisik yaitu organ berbicara seseorang.  Kemampuan bersosialisasi seseorangpun berbeda-beda. Masyarakat pada anak usia SD bercerminkan pada perubahan-perubahan yang terjadi pada masyarakat luas.


Manurud Agus Ahmad dalam http://www.sumberilmu.info, kegiatan pembelajaran mengembangkan kemampuan untuk mengetahui, memahami, melakukan sesuatu, hidup dalam kebersamaan,dan mengaktualisasikan diri. Dengan demikian,kegiatan pembelajaran perlu: (1) berpusat pada peserta didik, (2) mengembangkan kreativitas peserta didik, (3) menciptakan kondisi menyenangkan dan menantang, (4) bermuatan nilai,etika,estetika,logika,dan kinestetika, dan (5) menyediakan pengalaman yang beragam.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah memberikan komentar di web ini. Semoga membantu dan bermanfaat.