Thursday, November 21, 2013

Cara Membuat Blog/ Webblog

APAKAH BLOG ITU,,, ?????


 


 logo wordpressSekarang apa sich blog itu ,, ???? Blog adalah sebuah website yang memuat tulisan (posting) secara periodik. Blog punya manfaat yang beragam di ataranya adalah :




  1. Sebagai catatan pengetahuan kita agar tidak hilang atau terselip

  2. Untuk membandingkan pendapat kita dimata umum

  3. Latihan menulis dan mengungkapkan pendapat kita secara tertulis

  4. Personal Branding

  5. Memanfaatkan blog sebagai bisnis untuk mencari uang

  6. Sarana belajar Komputer Menambah sahabat atau teman, dan masih banyak lagi.


Blog dapat berisi :


ü  Catatan harian atau apa saja yang kita tulis


ü  Ide- ide, opini dan pandangan kita tentang berita terkini


ü  Pelajaran Sekolah, kuliah, kursus dan tugas tugas siswa


ü  Pengalaman pribadi


Sejak tahun 2000 an atau abad melenium blog mulai menjamur di seluruh Dunia. Karna manfaat dan kegunaannya yang multifungsi setiap kalangan ingin memiliki blog mulai dari 0rang awam, pelajar, Mahasiswa, Guru dan Dosen. Khusunya di kalangan akademia Blog bisa untuk melatih guru dan dosen menulis artikel, Pendapat para Ahli, Karya Ilmiah, Jurnal Internasional dll. Selain itu bisa juga untuk menyampaikan pendidikan jarak jauh.


 Bayangin aja, sekarang udah ada lebih dari 10 juta blog di dunia maya dan akan terus bertambah (sumber http://priyadi.net/). Apalagi setelah kamu baca buku ini dan bikin blog, tambah satu bloger lagi deh jadinya. Nah seiring dengan trend, maka bloger dibedakan menjadi :


Personal Blogger                        : Orang yang nulis catatan harian dan artikel di blog


Buisnis Blogger                           : Orang yang nulis di blog untuk promosi produk


Oraganizational Blogger               : Orang yang membuat blog untuk mengembangkan komonitas


Profesional Blogger                      : Orang yang dibayar untuk membuat blog (mencari uang lewat Blog )


Sekarang banyak sekali layanan untuk membuat blog secara gratis. Diantaranya adalah Wordpress, Blogspot, Blog.com, Blogsome, Multiply dan dagdigdug. Namun dalam tutorial ini akan membahas mengenai cara membuat blog di wordpress (http://wordpress.com/)


Wordpress adalah salah satu jenis CMS yang paling popular disamping Blogspot atau Bloger.com, Multiply dan Jomla. Wordpress merupakan aplikasi open source yang di kembangkan oleh jutaan orang di seluruh Dunia.


Kelebihan Wordpress disbanding dengan CMS lainya :


-          Mudah di- Instal


-          Gratis


-          Tersedia banyak desain gratis


-          Support dan dokumentasinya lengkap


** Sedangkan kekuranganya adalah Wordpress harus diisi secara online


Hindari menulis blog dengan copy- paste..!!!!!




  • Hindari menulis blog dengan copy- paste dari blog orang lain. Karena tidak mengasah kreatifitas kita. Jika kita menemukan sebuah artikel bagus yang ditulis orang lain, jangan di copy-paste. Kita bias satu atau dua kalimat dari blog tersebut kemudian kita ulas menurut pandangan kita, kemudian sertakan link kea rah blog atau website yang dijadikan sumber.

  • Pada saat mendaftar di Wordpress.com, di jelaskan aturah bahwa tidak boleh membuat blog dengan copy-paste atau yang disebut scrap blog. Scrap blog dapat ditutup oleh wordpress.com sewaktu- waktu, jadi kita sia- sia membuat blog. Tidak semua tulisan di internet bebas di copy-paste tanpa menyebutkan sumbernya di sebut plagiat. Penulis asli dapat memberitahu ke pengelola blog untuk menutup hasil copy-paste karena melanggar perjanjian waktu mendaftar blog. Penulis juga dapat member tahu ke search agine (Google, yahoo, MSN) agar blog hasil copas di keluarkan dari database search egine.


Jadi sebaiknya hindari membuat blog dengan tulisan hasil copas. Tulisan sendiri meskipun hanya satu atau dua kalimat lebih di hargai pembaca dari pada ratusan kalimat tetapi bukan tulisan sendiri.



DOWNLOAD CARA MEMBUAT BLOG PDF


DOWNLOAD CARA MEMBUAT BLOG PPT

Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah memberikan komentar di web ini. Semoga membantu dan bermanfaat.