Kamis, 31 Oktober 2013

Tumor Paru

Pengertian Tumor Paru
tumor paruTumor adalah neoplasma pada jaringan yaitu pertumbuhan jaringan baru yang abnormal. (Ramli Ahmad, 1997). Menurut Sjamsuhidayat dan Wim De Jong, 1997 Tumor adalah benjolan-benjolan berbentuk bulat atau berbenjol-benjol terdapat pada organ, berbatas tegas dengan konsistensi yang kenyal.
Lebih dari 90 % tumor paru – paru primer merupakan tumor ganas, dan sekitar 95 % tumor ganas ini termasuk karsinoma bronkogenik. (Price, 1995) Tumor adalah neoplasma pada jaringan yaitu pertumbuhan jaringan baru yang abnormal. Paru merupakan organ elastis berbentuk kerucut dan letaknya didalam rongga dada. Jenis tumor paru dibagi untuk tujuan pengobatan, meliputi SCLC ( Small Cell Lung Cancer ) dan NSLC ( Non Small Cell Lung Cancer / Karsinoma Skuamosa, adenokarsinoma, karsinoma sel besar ) (Price, 1995).
Menurut Hood Alsagaff, dkk. 1993, karsinoma bronkogenik adalah tumor ganas paru primer yang berasal dari saluran napas yang timbul dari epithelium bronchial. Sedangkan menurut Susan Wilson dan June Thompson, 1990, kanker paru adalah suatu pertumbuhan yang tidak terkontrol dari sel anaplastik dalam paru.
Jadi berdasarkan beberapa pengertian dapat disimpulkan bahwa tumor paru adalah pertumbuhan jaringan baru yang abnormal yang tumbuh pada jaringan sekitar epitel paru dan biasanya tumor paru mengarah pada keganasan yaitu karsinoma bronkogenik.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah memberikan komentar di web ini. Semoga membantu dan bermanfaat.