Wednesday, November 27, 2013

Hepatitis

Hepatitis pada bayi baru lahir

DEFINISI

Hepatitis adalah suatu infeksi pada hati.

PENYEBAB

Hepatitis hampir selalu disebabkan oleh virus hepatitis B.Infeksi biasanya ditularkan dari ibu selama proses persalinan berlangsung. Hepatitis biasanya tidak ditularkan selama bayi berada dalam kandungan karena virusnya tidak mudah melewati plasenta(ari-ari).

GEJALA

Sebagian besar bayi yang terinfeksi akan mengalami hepatitis kronis(hepatitis menahun) yang biasanya baru menimbulkan gejala pada masa kanak-kanak.Hepatitis pada bayi baru lahir merupakan suatu penyakit yang serius, 25% dari penderita akhirnya meninggal.Pada bayi yang terinfeksi kadang ditemukan gejala berikut:Pembesaran hati (hepatomegali)Ascites (penimbunan cairan di dalam perut)Sakit kuning (jaundice) akibat peningkatan kadar bilirubin.

DIAGNOSA

Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala, hasil pemeriksaan fisik dan hasil pemeriksaan darah.

PENGOBATAN

Wanita hamil secara rutin diperiksa terhadap kemungkinan infeksi oleh virus hepatitis B.Bayi biasanya baru terinfeksi pada saat persalinan, karena itu kepada bayi baru lahir yang ibunya menderita hepatitis B, diberikan suntikan immunoglobulin hepatitis B dalam waktu 24 jam setelah lahir, sebelum terjadinya infeksi. Suntikan ini akan melindungi bayi untuk sementara. Pada saat yang sama juga diberikan vaksinasi hepatitis B untuk perlindungan jangka panjang.Obat-obatan antivirus dapat digunakan untuk mencegah kondisi akut yang berubah menjadi kondisi kronis, dan dapat menghambat juga proses replikasi dari virus tersebut. obat-obatan tersebut antara lain Interferon alfa-2a , Peginterferon alfa-2b , Lamivudine, Adefovir , Entecavir, TelbivudineSumber : www.medicastore.com

Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah memberikan komentar di web ini. Semoga membantu dan bermanfaat.