Tuesday, March 29, 2011

Devinisi Vektor

1. Definisi Vektor


Dalam bidang fisika, dikenal dua macam besaran. Kedua macam besaran ini adalah besaran skalar dan besaran vektor.




  • Besaran skalar adalah suatu besaran yang hanya mempunyai besar (nilai) saja.

  • Besaran vektor adalah suatu besaran yang mempunyai besar (nilai) dan arah. Didalamnya berlaku aljabar khusus yang dikenal sebagai aljabar vektor.


 


Secara geometri, suatu besaran vektor dapat digambarkan sebagai ruas garis berarah. Panjang dari ruas garis merupakan panjang vektor atau besar vektor, sedangkan arah dari peubah merupakan petunjuk arah vektor.


 


Suatu vektor dapat ditulis dengan notasi huruf kecil yang dicetak tebal, misalnya, a, b, c,... p, q, r,...  u, v,w dst. Disamping itu juga dapat dinotasikan dengan huruf kecil dengan tanda panah di atasnya, misalnya , ,  . Besar atau panjang suatu vektor, misalnya besar vektor dinotasikan dengan |a| .


 


Penulisan vektor dengan menggunakan lambang panah di atas lebih sering digunakan. Karena menggunakan tulisan tangan, vektor yang dibubuhi tanda panah lebih mudah dituliskan daripada yang dicetak tebal.


 


Suatu vektor biasanya juga bisa dinyatakan dengan pasangan terurut bilangan real atau bisa juga dengan menggunakan matriks kolom.(Arif Hardiyanti)

Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih telah memberikan komentar di web ini. Semoga membantu dan bermanfaat.