Friday, December 17, 2010

Pengertian Pemahaman

Pemahaman berasal dari kata paham yang mempunyai arti mengerti benar, sedangkan pemahaman merupakan proses perbuatan cara memahami  (Em Zul, Fajri & Ratu Aprilia Senja, 2008 : 607-608)


Pemahaman berasal dari kata paham yang artinya (1) pengertian; pengetahuan yang banyak, (2) pendapat, pikiran, (3) aliran; pandangan, (4) mengerti benar (akan); tahu benar (akan); (5) pandai dan mengerti benar. Apabila mendapat imbuhan me- i menjadi memahami, berarti : (1) mengerti benar (akan); mengetahui benar, (2) memaklumi. Dan jika mendapat imbuhan pe- an menjadi pemahaman, artinya (1) proses, (2) perbuatan, (3) cara memahami atau memahamkan (mempelajari baik-baik supaya paham) (Depdikbud, 1994: 74). Sehingga dapat diartikan bahwa pemahaman adalah suatu proses, cara memahami cara mempelajari baik-baik supaya paham dan pengetahuan banyak.


Menurut Poesprodjo (1987: 52-53) bahwa pemahaman bukan kegiatan berpikir semata, melainkan pemindahan letak dari dalam berdiri disituasi atau dunia orang lain. Mengalami kembali situasi yang dijumpai pribadi lain didalam erlebnis (sumber pengetahuan tentang hidup, kegiatan melakukan pengalaman pikiran), pengalaman yang terhayati. Pemahaman merupakan suatu kegiatan berpikir secara diam-diam, menemukan dirinya dalam orang lain.


Pemahaman (comprehension), kemampuan ini umumnya mendapat penekanan dalam proses belajar mengajar. Menurut Bloom “Here we are using the tern “comprehension“ to include those objectives, behaviors, or responses which represent an understanding of the literal message contained in a communication.“ Artinya : Disini menggunakan pengertian pemahaman mencakup tujuan, tingkah laku, atau tanggapan mencerminkan sesuatu pemahaman pesan tertulis yang termuat dalam satu komunikasi. Oleh sebab itu siswa dituntut memahami atau mengerti apa yang diajarkan, mengetahui apa yang sedang dikomunikasikan dan dapat memanfaatkan isinya tanpa keharusan menghubungkan dengan hal-hal yang lain. (Bloom Benyamin, 1975: 89).


Pemahaman mencakup kemampuan untuk menangkap makna dan arti dari bahan yang dipelajari (W.S. Winkel, 1996: 245). W.S Winkel mengambil dari taksonmi Bloom, yaitu suatu taksonomi yang dikembangkan untuk mengklasifikasikan tujuan instruksional. Bloom membagi kedalam 3 kategori, yaitu termasuk salah satu bagian dari aspek kognitif karena dalam ranah kognitif tersebut terdapat aspek pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, dan evaluasi. Keenam aspek di bidang kognitif ini merupakan hirarki kesukaran tingkat berpikir dari yang rendah sampai yang tertinggi.


Hasil belajar pemahaman merupakan tipe belajar yang lebih tinggi dibandingkan tipe belajar pengetahuan (Nana Sudjana, 1992: 24) menyatakan bahwa pemahaman dapat dibedakan kedalam 3 kategori, yaitu : (1) tingkat terendah adalah pemahaman terjemahan, mulai dari menerjemahkan dalam arti yang sebenarnya, mengartikan dan menerapkan prinsip-prinsip, (2) tingkat kedua adalah pemahaman penafsiran yaitu menghubungkan bagian-bagian terendah dengan yang diketahui berikutnya atau menghubungkan beberapa bagian grafik dengan kejadian, membedakan yang pokok dengan yang tidak pokok dan (3) tingkat ketiga merupakan tingkat pemaknaan ektrapolasi.


Memiliki pemahaman tingkat ektrapolasi berarti seseorang mampu melihat dibalik yang tertulis, dapat membuat estimasi, prediksi berdasarkan pada pengertian dan kondisi yang diterangkan dalam ide-ide atau simbol, serta kemempuan membuat kesimpulan yang dihubungkan dengan implikasi dan konsekuensinya.


Sejalan dengan pendapat diatas, (Suke Silversius, 1991: 43-44) menyatakan bahwa pemahaman dapat dijabarkan menjadi tiga, yaitu : (1) menerjemahkan (translation), pengertian menerjemahkan disini bukan saja pengalihan (translation), arti dari bahasa yang satu  kedalam bahasa yang lain, dapat juga dari konsepsi abstrak menjadi suatu model, yaitu model simbolik untuk mempermudah orang mempelajarinya. Pengalihan konsep yang dirumuskan dengan kata –kata kedalam gambar grafik dapat dimasukkan dalam kategori menerjemahkan, (2) menginterprestasi (interpretation), kemampuan ini lebih luas daripada menerjemahkan yaitu kemampuan untuk mengenal dan memahami ide utama suatu komunikasi, (3) mengektrapolasi (Extrapolation), agak lain dari menerjemahkan dan menafsirkan, tetapi lebih tinggi sifatnya. Ia menuntut kemampuan intelektual yang lebih tinggi.


Menurut Suharsimi Arikunto (1995: 115) pemahaman (comprehension) siswa diminta untuk membuktikan bahwa ia memahami hubungan yang sederhana diantara fakta-fakta atau konsep. Menurut Nana Sudjana (1992: 24) pemahaman dapat dibedakan dalam tiga kategori antara lain : (1) tingkat terendah adalah pemahaman terjemahan, mulai dari menerjemahkan dalam arti yang sebenarnya, mengartikan prinsip-prinsip, (2) tingkat kedua adalah pemahaman penafsiran, yaitu menghubungkan bagian-bagian terendah dengan yang diketahui berikutnya, atau menghubungkan dengan kejadian, membedakan yang pokok dengan yang bukan pokok, dan (3) tingkat ketiga merupakan tingkat tertinggi yaitu pemahaman ektrapolasi.

Artikel Terkait

73 comments:

  1. maaf kak,, bisa kasih tahu nama2 buku yg jadi referensi tulisan ini gak???
    tolong ya,,, bagus ni buku2nya
    thanks :-)

    ReplyDelete
  2. Pak guru, boleh tanya ? judul-judul buku dari para penulis diatas apa saja ya ? saya butuh untuk bahan skripsi. Terimakasih sebelumnya. BTW Pak guru punya semua bukunya tidak ? ato bisa didapatkan dimana ya ?

    ReplyDelete
  3. ada di cataori download
    nanti ada kumpulan skripsi
    cari saja disitu

    ReplyDelete
  4. wah,, lupa naruh nya mz,, cari aja di catagori download, kumpulan skripsi.
    spertinya ada mz,,,

    ReplyDelete
  5. dh ta cari referensinya blmktemu Pak.., yg mana y?

    ReplyDelete
  6. mas mohon bantuannya boleh?kebetulan saya sedang skrispi terkait pengetahuan dan pengalaman.dari teotri teori diatas apa saya boleh tahu, judul judul buku diatas ya mas?

    sama tanya berarti antara pengetahuan dan pemahaman beda?

    ReplyDelete
  7. mohon bantuannya karena saya sudah mencoba mencari buku buku itu di perpus pusat tempat saya kuliah juga tidak ada. terima kasih

    ReplyDelete
  8. bukunya di rmh itu dx,,,
    tulis alamat na web aj boleh kan,,?
    tau add fb q,, ntar q krimi,,,,

    ReplyDelete
  9. kayak'e wajah'e mz'e gak asing deh...
    tapi lupa...
    eh mz reverensi untuk judul buku dari pengarang tulisane mz'e tadi beli atau download?
    boleh minta alamat download atau tempate beli bukune gak mz
    tlong klo bisa di reply segera mz..coz buat reverensi skripsi..
    mksihh sblmnya.

    ReplyDelete
  10. tulis almt blog q aj dx,,,,
    mng kul dmn,.,,?

    ReplyDelete
  11. mas ian....
    makasih ya???
    pas lagi nyari kajian teori tentang pemahaman gak tahunya malah nemu blog kamu...
    aku adik tingkatmu...
    heheheheh....
    angkatan 2008...
    thx ya?????

    ReplyDelete
  12. sama2 dx,, smoga bermanfaat ea,,
    n skripsinya cpt sls,,,

    ReplyDelete
  13. asslmkm......
    mas Ian, ijin copas artikel ini untuk bahan skripsi......
    matur nuwun..

    ReplyDelete
  14. pak guru ian ganteng ya hehe...
    makasih ya pa guru bermanfaat banget tulisannya untuk bahan proposal skripsi saya...

    ReplyDelete
  15. mas info buku-buku na donk

    ReplyDelete
  16. maksud aku,
    mas ambil teori tentang pemahaman itu dari buku apa aja??

    soal na aku mw nyari nih...

    ReplyDelete
  17. thanks ea,,, kebetulan skripsi saya berkaitan dgn tulisan km ne...

    ReplyDelete
  18. sama2,,,smoga cpt sls dan lancar dengan nilai memuaskan,,,,,,

    ReplyDelete
  19. yg apa mb,,???kan dp na bs dr alamat blog ini,,,

    ReplyDelete
  20. dp dari buku buku bpak nii bole pagii tak

    ReplyDelete
  21. MIINTA DAFTARVPUSTAKANYA DONG PK GURU

    ReplyDelete
  22. makasih mas ini infonya berguna sekali buat proposal sy.. mas boleh nanya judul buku referensi yg dipake nulis postingan ini apa ya?

    ReplyDelete
  23. Artikelnya bagus pak guru..saya izin copas ya...artikel di atas dari buku sumber apa ya??thank's

    ReplyDelete
  24. Pak Ian...maaf mau tanya, referensi untuk materi pemahaman diatas itu apa ya Pak? Soalnya udah saya cari di inet tidak ketemu Pak. Sy bermaksud ijin untuk menggunakannya sebagai bahan referensi skripsi saya terkait pemahaman...Mohon bantuannya Pak...Klo ada sy bermaksud meminjam referensinya (dikirim email tidak apa-apa Pak)..Atau bagaimana cara saya dapat menghubungi Pak Ian? Ini email saya Pak. c4ndr4_conan@yahoo.com. Terimakasih Pak sbelum dan ssudahnya.., (Budi Chandra-Semarang)..

    ReplyDelete
  25. itu dari buku mb,,, kan sdh di cantumkan sumbernya,,,

    ReplyDelete
  26. Sumber yang mana ya Pak? Judulnya apa?

    ReplyDelete
  27. Mungkin lebih tepatnya kira-kira bagaimana dgn daftar pustakanya? Kan bapak hanya menampilkan (nama pengarang, tahun). Lha kan gaisa ditulis daftar pustakanya. Oya Pak, kalo memanggil saya jangan mbak, tapi mas...

    ReplyDelete
  28. pak guru..... saya sedang skripsi tentang pemahaman siswa... saya minta tolong judul bukunya di atas.... pliss?? cz dosen saya minta bentuk buku bukan web terima kasih.. fb saya Asri Anisa Qisthi jika berkenan bisa memberitau saya :-)

    ReplyDelete
  29. bukunya di pinjam tp g balik mb,,,

    ReplyDelete
  30. Maz Ian,,,,,, boleh kan aku COPAS artikelnya....
    untuk bhan Ujian akhir....
    thanks sebelumnya............

    ReplyDelete
  31. pak kalo referen buku2nya apa judulnya pak

    ReplyDelete
  32. materinya sebenernya nyambung banget ni ma skripsi sya mas, tapi lebih nyambung lagi klo ada daftar pustaka buat memperjelas sumber informasinya.. *saran

    ReplyDelete
  33. sayangnyaaaaaaaa catatan perut nya ga lengkap cuma nama pengarang dan halaman, coba ada nama buku nya mas.. padahal bagus bgt artikel seperti ini

    ReplyDelete
  34. bisa minta nama judul buku yang membahas tentang "pemahaman" itu,pak?

    ReplyDelete
  35. sayang bgt nih kagak ada daftar pustakanya

    ReplyDelete
  36. pak guru, saya minta referensi bukunya dong. soalnya pembahasannya ada yang bisa saya ambil buat skripsi. makasih pak guru

    ReplyDelete
  37. artikel ini ambil dari skripsi njenengan sendiri mas?

    ReplyDelete
  38. referensinya gak di publikasikan juga? saya butuh buat daftar pustka... terima kasih

    ReplyDelete
  39. maksudx di cantumkan gmn?? kan itu ada banyak referensix..

    ReplyDelete
  40. makasi yaa pak udah bisa di jadikan referensi aku

    ReplyDelete
  41. hmmm, referensi yang sangat dibutuhkan sesuai dg keinginan tata.
    mkaci ya pak ian maniiiis.. :-D

    ReplyDelete
  42. punten, saya mau tanya pak guru Ian saya lagi nyusun skripsi kalo teori pemahaman masyarakat ngambil dari buku apa? butuh banget pak, udah nyari2 belum ketemu. terima kasih

    ReplyDelete
  43. itu dari yg sejenis sosial mngkin,,,

    ReplyDelete
  44. I like it bisa tolong kasih alamat bloq pak atau email

    ReplyDelete
  45. pak mau tanya buku tentang pemahaman yang bagus siapa penulisnya?

    ReplyDelete
  46. relatif mz,, bagi saya semua bagus,,, karna penelitian itu luar biasa

    ReplyDelete
  47. pk, saya mursidi, saya lagi proses penyusunan skripsi, bisa minta tolong pak, buku tentang pemahaman bisa saya dapet dimana, mohon untuk petunjuknya pk,

    ni email saya, mur.shidie@yahoo.com

    trima kasih pk atas bantuannya, kalo bisa kirimkan no tlp bpk.

    ReplyDelete
  48. asslkm.....
    mas saya bolh mnta tolng ksh thu cpa nma pengarang n judul bukunya cz saya gie bkin skripsi yg brkaitan dg pemahaman....
    tolng ea mas klo bz tolng kirm k almt email saya yesi.anandita17@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  49. selamat pagi pak,.. Pak, boleh saya minta judul buku dari semua kutipan yang bapak tuliskan? terima kasih.

    ReplyDelete
  50. wah banyak sekali mz,, buku nya sabgian udah tersebar g kembali

    ReplyDelete
  51. saya bukan mas. tapi saya mbak :(

    kalau judul buku dari suke silversius apa ya pak?

    ReplyDelete

Terimakasih telah memberikan komentar di web ini. Semoga membantu dan bermanfaat.