Friday, December 17, 2010

Pengertian Media Gambar

Menurut Oemar Hamalik (1986:43) berpendapat bahwa “ Gambar adalah segala sesuatu yang diwujudkan secara visual dalam bentuk dua dimensi sebagai curahan perasaan atau pikiran”. Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2001: 329) “ Gambar adalah tiruan barang, binatang, tumbuhan dan sebagainya.”


Menurut Arief Sadiman, Dkk (2003: 28-29): Media grafis visual sebagimana halnya media yang lain. Media grafis untuk menyalurkan pesan dari sumber ke penerima pesan. Saluran yang dipakai menyangkut indera penglihatan. Pesan yang akan disampikan dituangkan ke dalam simbol-simbol komunikasi visual. Simbol-simbol tersebut perlu dipahami benar artinya agar proses penyampian pesan dapat berhasil dan efisien.


Selain fungsi umum tersebut, secara khusus gambar berfungsi pula untuk menarik perhatian, memperjelas sajian ide, mengilustrasikan atau menghiasi fakta yang mungkin cepat akan dilupakan atau diabaikan tidak digambarkan. Gambar termasuk media yang relatif mudah ditinjau dari segi biayanya.

Artikel Terkait

76 comments:

  1. sukmawati marta sentikaApril 17, 2011 at 9:02 PM

    tengkyu.....

    ReplyDelete
  2. tlg tmbah lg teori gambar

    ReplyDelete
  3. Pak Guru, mks bwt pengertian media gambarnya...
    Tp, klo boleh minta daftar pustakanya donk, pak...
    sy perlu daftar pustakanya buat bikin laporan tgs akhir sy...

    ReplyDelete
  4. kan bs di tulis alamat website nya dx,,,,

    ReplyDelete
  5. ikut nimbrung nich, buat nyusun ptk. tq

    ReplyDelete
  6. eni
    june 10, 2011

    makasih, singkat dan jelas.

    tambah lagi dengan pengertian gambar berseri!

    ditunggu ya!

    ReplyDelete
  7. y mb,, sabar,,,
    mkch saran n msukanya,,,

    ReplyDelete
  8. pak kl bs tambah lagi materinya,tentang gmn media gambar yg bagus...

    ReplyDelete
  9. pak, q bisa minta ciri-ciri media gambar yang baik? trimakash

    ReplyDelete
  10. y bu,, di tnggu aj,,,
    trimakasih saranya,,,
    :-)

    ReplyDelete
  11. lha fungsinya untuk siapa dlu,,?
    anak SD, SMP/ SMA,?
    y jlas harus menarik, klo bisa sedang boming, bs multifungsi dll.
    yg jlas anak suka dahulu dngan gambar tsb,,,

    ReplyDelete
  12. nyuwun izin z pak badeqlo damel nambah kajian pustaka qlo
    , maturswon sak derenge

    ReplyDelete
  13. mksh byk pak guru.......

    ReplyDelete
  14. makasih pa guru sedikit tp sangat membantu saya

    ReplyDelete
  15. pak guyu na keyen.. kutipan na mantep
    makacieh ea..pak guyu..

    ReplyDelete
  16. tambah lagi dong pengertian tentang gambarnya

    ReplyDelete
  17. matur tenkiu Kang Guru

    ReplyDelete
  18. pak tolong dapusnya yang lengkap dong... thanks yah..

    ReplyDelete
  19. pak saya mau tanya apa bapak pernah mendengar media reka cerita gambar?klo tau saya mnta teorinya ya pak?trims...

    ReplyDelete
  20. klo dnger sih pernah,, tpi blm pernah menerapkan,, jd blm berani berikan teori

    ReplyDelete
  21. thanks banget yah pak guru, kalo bisa tambahin lagi dong tentang kriteria gambar yang menarik khususnya untuk anak SD, artikelnya sangat membantu buat penelitian sekali lagi thanks... yah..

    ReplyDelete
  22. membantu sya sekali pak guru..thanks...
    kalo wat anak tk ada ga pak ???
    ..

    ReplyDelete
  23. sama-sama,, y saya usahan,, ni lgi sbuk dngan tugas2 kantor,,,

    ReplyDelete
  24. sama- sama ,,,
    kan pada hakekatnya sama,,,

    ReplyDelete
  25. low media media gambar berwarna tu gmn ya pngrtian nya, pa da teori nya tentang gambar berwarna????

    ReplyDelete
  26. owh,,,,,, pdhal ana lg btuh nie pa,,,, bwt nyusun.

    ReplyDelete
  27. Saya ingin berkomunikasi lebih banyak dengan bapak Guru!
    bisa email di website ini.

    ReplyDelete
  28. hummm blogx muantaff pak btw pnya fb ga law pnya add q yaaaa andink nyonk gemasta yaaa

    ReplyDelete
  29. ikut donwload dong... TQ..pak Guru.

    ReplyDelete
  30. morning sir?bapak mau tanya perihal lomba website dan blog bagi guru...........info lengkapnya bagaimana?

    ReplyDelete
  31. mas, kok cuman sedikit, dtunggu tambahan nya ya mas.. khususnya wat media mengajar di SD. n thank you ya mas..

    ReplyDelete
  32. itu sdh tahun kemarin mb,, mngkin tahun depan akan diadakan lagi,,,,,

    ReplyDelete
  33. makasih...sangat membantu

    ReplyDelete
  34. pak guru saya mau buat skripsi menggunakan media gambar tentang sistem pernafasan pada hewan. tolong dijelasin lagi.

    ReplyDelete
  35. pak guru pengertian filmstrip apa yach?

    ReplyDelete
  36. pak guru saya lagi nyari pengertia film strip, apa yach pak pengertiannya?

    ReplyDelete
  37. makasih pak, izin downloud untuk tugas ptk nggih

    ReplyDelete
  38. ikut nimbrung ahh :)

    ReplyDelete
  39. guru art ya mas???.. kalo gitu salam seni rupa ya..

    ReplyDelete
  40. referensinya ap?
    karangan siapa?
    judulnya ap pak ian...

    ReplyDelete
  41. tambah lagi teorinya paaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaI

    ReplyDelete
  42. pk....muat tentang isi kerangka pikir tindakan buat matery " pemanfaatan visual gambar dunk......

    ReplyDelete
  43. ooo ea pk..kalo kita ingin mencari buku dan karangan tentang pemanfaatan media visual gambar gimana ea....

    bisa kasih info lengkap g....
    buat tugas akhir.

    ReplyDelete
  44. belum bs mb,,, msh banyak kgiatan....

    ReplyDelete
  45. Pak kalo boleh tambah mengenai alasan anak usia dini menggunakan alat praga terimakasih :)

    ReplyDelete
  46. Maksh bnyk pak Ian, aq msh butuh banyk belajr Bhs Inggris nech n ja trik2 untuk pembelajaran mtk kelas rendah

    ReplyDelete
  47. gak adha jawaban yang jelas

    ReplyDelete
  48. makanya baca- baca dulu jangan malas langsung tanya trs dpt jawaban,,, semangat blajar ya,,,

    ReplyDelete

Terimakasih telah memberikan komentar di web ini. Semoga membantu dan bermanfaat.