Monday, October 25, 2010

TEKNIK PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

TEKNIK PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA


Teknik diartikan sebagai metode atau sistem mengerjakan sesuatu (KBBI, 2001:1158). Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, teknik ini mengacu pada implementasi perencanaan pembelajaraan Bahasa Indonesia di depan kelas. Teknik bersifat prosedural. Teknik yang baik dijabarkan metode dan serasi dengan pendekatan.


Berikut sejumlah teknik dalam pembelajaran bahasa Indonesia:


1. Teknik Ceramah


Pelaksanaan teknik ceramah dikelas rendah dapat berbentuk cerita kenyataan, dongeng atau informasi tentang ilmu pengetahuan.


2. Teknik Tanya Jawab


Teknik tanya jawab dapat diterapkan pada latihan keterampilan menyimak, membaca, berbicara dan menulis. Selain guru bertanya pada murid, murid juga dapat bertanya pada guru.


3. Teknik Diskusi Kelompok


Teknik ini dapat dilakukan di kelas rendah dengan bimbingan guru. Peran guru terutama dalam pemilihan bahan diskusi, pemilihan ketua kelompok dan memotivasi siswa lainnya agar mau berbicara atau bertanya.


 


 


 


 


4. Teknik Pemberian Tugas


Teknik ini bertujuan agar siswa lebih aktif dalam mendalami pelajaran dan memiliki keterampilan tertentu, untuk siswa kelas rendah tugas individual seperti membuat catatan kegiatan harian atau disuruh menghafal puisi atau lagu.


5. Teknik Bermain Peran


Teknik ini bertujuan agar siswa menghayati kejadian atau peran seseorang dalam hubungan sosialnya. Dalam bermain peran siswa dapat mencoba menempatkan diri sebagai tokoh atau pribadi tertentu, misal: sebagai guru, sopir, dokter, pedagang, hewan, dan tumbuhan. Setelah itu diharapkan siswa dapat menghargai jasa dan peranan orang lain, alam dalam kehidupannya.


6. Teknik Karya Wisata


Teknik ini dilaksanakan dengan cara membawa langsung siswa kepada obyek yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Misalkan : museum, kebun binatang, tempat pameran atau tempat karya wisata lainnya.


7. Teknik Sinektik


Strategi pengajaran sinektik merupakan susatu strategi untuk menjadikan suatau masyarakat intelektual yang menyediakan berbagai siswa untuk bertindak kreatif dan menjelajahi gagasan-gagasan baru dalam bidang-bidang ilmu pengetahuan alam, teknologi, bahasa dan seni.




Artikel Terkait

11 comments:

  1. maaf pak guru, ada yg lebih lengkap gak, mengenai teknik pmbelajaran..??

    ReplyDelete
  2. baru itu yang saya ketahui iibu,,,

    ReplyDelete
  3. pak.,tolong bantu saya mencari modul tentang teknik pembelajaran cz da tugas dari kampus

    ReplyDelete
  4. ya di search ad pda blog sya mz,, inysaAllah ad

    ReplyDelete
  5. sya mhsiswa bhs indnesia.,mhon bimbingan bpk untuk mmbntu sya mncari tw pnerapan teknik pembljran yg tlah bpk uraikan di atas

    ReplyDelete
  6. pak guru ganteng deh..... pinX donk....

    ReplyDelete
  7. Perangkat pembelajaran SMA ada gk pak ?
    :)
    thnk u be4

    ReplyDelete

Terimakasih telah memberikan komentar di web ini. Semoga membantu dan bermanfaat.