Minggu, 11 Agustus 2019

Pembuatan Soal Evaluasi Online dengan Google Forms


Dalam mengikuti perkembangan kemajuan zaman guru wajib mengembangkan kompetensi sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini. Era 4.0 merupakan era percepatan kemacuang tknologi yang di luar batas manusia. Dalam dunia pendidikan tentunya wajib mempelopori pemanfaatan kemajuan tknologi ini.Salah satu pemanfaatan kemajuan teknologi yaitu dengan membuat soal evaluasi secara onine.  Terdapat salah satu konten yang di sediakan secara agratis untuk membantu guru meningkatkan kemajuan teknologi saat ini dengan memanfaatkan Google Forms.
Google forms ddapat kita peroleh jika kita memiliki emil @gmail.com. Dalam email ini terdapat banyak sekali konten yang diperoleh misalnya, Youtube (sebagai media pembelajaran), Google Slide (power point online ketika kita upload maka memori yang digunakan bisa 0kb), Google Drive (merupakan penyimpanan yang bisa di akses secara online sampai 15Gb) dan lain sebagainya yang tidak dapat saya sebutkan sat per satu.


Keuntunga pembuatan soal evaluasi online soal dan jawaban bisa di acak. Dalam soal juga dapat dimasukan gambar dan video. Siswa akan lebih tertarik dan bersemangat dalam mengerjakan tugas. Kemungkinan siswa untuk bekerja sama sangat kecil karena waktu dapat kita batasi. Uuntuk latihan  kuis terdapat fiture tambahan pembahan soal bisa di maukan ketik soal salah maupun benar. Google memang punya banya sekali manfaat dalam pembelajaran. Nilai dapat kita atur apakah siswa bisa langgsung meihat atau menunggu konfirmasi guru. Lembar jawab siswa juga bisa di kirim otomatis kepada email masing-masing siswa. Untuk melaksanakan go green guru juga mempunyai salinan pekerjaan siswa dalam bentuk Pdf. 


Untuk itu marilah Bapak dan Ibu guru kita selalu mengikuti perkembangan teknologi, memanfattkan google Forms dalam pembutan soal online. Jika dulu 23 tahun lalu papan tulis merupakan satu-satunya alat yang dapat dignakan untuk menuliskan soal itu wajar. Tapi jika Guru masa kini melakukan hal yang sama kok rasanya ada yang salah. mari jadi guru masa kini. bukan guru jadul.

VCT Batch 5 Jateng DIY
 Sriyanto, M.Pd







Presensi :

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah memberikan komentar di web ini. Semoga membantu dan bermanfaat.