Kamis, 09 Juni 2011

Kegiatan Yang Merusak Otak

Otak adalah organ tubuh vital yang merupakan pusat pengendali sistem syaraf pusat. Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya. Sungguh suatu tugas yang sangat rumit dan banyak dan inilah 10 kegiatan yang bisa merusak kerja otak kita.


1. Tidak Sarapan


Banyak orang yang menyepelekan sarapan. Padahal tidak mengkonsumsi apapun di pagi hari menyebabkan turunnya kadar gula dalam darah. Hal ini berakibat pada kurangnya asupan nutrisi pada otak yang akhirnya berakhir pada kemunduran otak. Sarapan yang terbaik di pagi hari bukanlah makanan berat seperti nasi goreng spesial, tetapi cukup air putih dan segelas jus buah segar. Ringkas dan berguna untuk tubuh.


2. Makan Terlalu Banyak
Terlalu banyak makan, apalagi yang kadar lemaknya tinggi, dapat berakibat mengerasnya pembuluh darah otak karena penimbunan lemak pada dinding dalam pembuluh darah. Akibatnya kemampuan kerja otak akan menurun. Jadi makanlah dalam porsi yang normal, Biasakan menahan diri dengan cara berhenti makan sebelum kenyangan.


4. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Gula


Terlalu banyak asupan gula akan menghalangi penyerapan protein dan gizi sehingga tubuh kekurangan nutrisi dan perkembangan otak akan terganggu. Karena itu, kurangi konsumsi makanan manis.


5. Polusi Udara


Otak adalah bagian tubuh yang paling banyak menyerap udara. Menghirup udara yang berpolusi tinggi akan menurunkan suplai oksigen ke otak. Terlalu lama berada di lingkungan dengan udara berpolusi membuat kerja otak tidak efisien.


6. Kurang Tidur


Tidur memberikan kesempatan otak untuk beristirahat. Kurang tidur akan mempercepat kematian sel-sel otak. Sebaiknya tidur 6-8 jam sehari agar sehat dan bugar.


7. Menutup Kepala Ketika Sedang Tidur


Tidur dengan kepala tertutup, meningkatkan konsentrasi karbon dioksida dan penurunan konsentrasi oksigen yang dapat menyebabkan efek merusak otak.


8. Berpikir Terlalu Keras Ketika Sedang Sakit


Bekerja keras atau belajar ketika kondisi tubuh sedang tidak fit juga memperparah ketidakefektifan otak serta dapat merusak otak. Saat sakit sebaiknya istirahatkan otak kita.


9. Kurangnya Stimulasi Otak


Berpikir adalah cara terbaik untuk melatih kerja otak. Kurang berpikir akan membuat otak menyusut dan akhirnya tidak berfungsi maksimal. Rajin membaca, mendengar musik dan bermain (catur, scrabble dlsb) membuat otak kita terbiasa berpikir aktif dan kreatif .


10. Jarang Bicara
Percakapan intelektual biasanya membawa efek bagus pada kerja otak. Jadi jangan terlalu bangga menjadi pendiam. Jarangnya berkomunikasi akan menyebabkan kemampuan intelektual otak jadi kurang terlatih, Obrolan yang bermutu sangat baik untuk kesehatan otak Anda.



Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah memberikan komentar di web ini. Semoga membantu dan bermanfaat.