Selasa, 20 Juli 2010

Pendidikan Berduka

Pendidikan sangant penting dalam meningkatkan kualitas sumberdaya manusia pada suatu negara. Akhir- akhir ini masyarakat mulai menyadari betapa pentingnya pendidikan. Mereka rela kehilangan banyak uang hanya untuk menyekolahkan atau mengkuliahkan anak- anak mereka. Sekarang ini ada sekolah gratis tetapi ada orang tua yang rela membayar demi sekolah unggulan.


Namun hal demikian malah di manfaatkan oleh beberapa oknum tenaga pendidik yang tidak bertanggung jawab terutama di bangku kuliah. Penulis pernah menjumpai seorang Dosen pada sebuah Universias ternama di Surakarta. Di universitas tersebut terdapat Dosen yang mewajibkan mahasiswanya untuk membeli buku karyanya. Apabila tidak dapat membeli atau tidak mau membeli maka Dosen tersebut tidak dapat menjamin Nilai mata kuliah yang diampu dosen tersebut. Akhirnya hal tersebut benar- benar terjadi. Pada semester 7  nilai rata- rata dari Uji Kompetensi di atas 7,3. Tetapi pada KHS mendapatkan  nilai C atau 2 padahal 1 kelas mendapatkan B atau 3 semua, bahkan nilai Uji Kompetensi yang lebih rendah dibandigkan dengan saya pun mendapatkan nilai 3.



Setelah diselidiki di kelas lain ternyata sifatnya sama saja. Pada semester bawah ( smtr 4 ) ada salah satu mahasiswa yang berekonomi pas- pasan sehingga tidak mampu membeli buku, padahal anaknya cukup pandai, eh ,,,tetapi pada KHS hanya mendapat nilai 2 atau C sama aeperti yang saya alami.


Kejadian Dosen yang mewajibkan mahasiswanya membeli buku karyanya pun sempat kami laporkan kepada Dekan, tapi sepertinya Dekan belum memeberikan tindak lanjut. Lantas harus kepada siapa mahasiswa mengadukan kejadian seperti ini,,? ""Apakah harus Dengan Demo,,?"" Saya kira itu kurang pantas untuk mahasiswa calon pendidik.


Lantas mau dibawa kemana pendidikan bangsa ini,,? Apabila masih ada Dosen yang mempunyai pemikiran seperti itu,,? Semoga ini dapat dijadikan pelajaran untuk semua. Untuk Bapak Dosen Yang Terhormat semoga cepat mendapatkan hidayah..


Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah memberikan komentar di web ini. Semoga membantu dan bermanfaat.